google yahoo msn youtube aol wikipedia  amazone  facebook twitter


Friday, July 31, 2009

Home » » MENSIASATI KESIBUKAN KERJA

MENSIASATI KESIBUKAN KERJA

Pada saat ini bagi sebagian orang hari-harinya dipenuhi dengan jadwal padat pekerjaan. Tidak saja bagi yang tugas diluar kantor tetapi juga bagi mereka yang ngebut di dalam kantor. Banyak diantara kita yg berangkat pagi dan baru bisa pulang ke rumah setelah larut malam; yang berarti lebih dari setengah waktu kita dihabiskan di tempat kerja. Dengan kondisi seperti ini tentunya sangat menguras stamina dan bahkan berdampak negatif bagi kebugaran dan kesehatan kita kalau dilakukan terus menerus dalam jangka panjang. Mulai dari lelah berkepanjangan, daya ingat yang melemah, konsentrasi menurun, berkurangnya fungsi dan sensitivitas mata, emosi yang menjadi tidak stabil (baca: stress) dan banyak hal negatif lainnya. Termasuk dampak secara sosial seperti terampasnya waktu kita untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Ada beberapa tips untuk kita yang mengalami kondisi seperti ini:
Aspek sosial
1. Renungkan, bahwa hidup kita bukan hanya untuk pekerjaan. Pekerjaan hanyalah sebagian saja dari hidup kita, jadi jangan habiskan seluruh waktu kita untuk pekerjaan.

2. Usahakan untuk meluangkan waktu bagi teman-teman kita, keluarga kita, orang tua kita dan orang-oang sekitar kita. Kalau anda merasa waktu tidak cukup untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan anda, itu artinya anda telah 'makan lebih banyak dari kapasitas perut anda'. Bukan berarti kita harus tinggalkan pekerjaan kita tanpa mau tahu masih seberapa banyak yg belum kita dan harus diselesaikan. Coba cermati apa penyebabnya. Apakah memang tidak mungkin bisa kita kerjakan karena terlalu banyak, atau masih ada cara yang lebih efektif yang bisa kita lakukan sehingga semua pekerjaan itu bisa kita selesaikan tanpa menghabiskan seluruh waktu kita. Kalau ternyata jawabannya yang pertama, pertimbangkan pekerjaan anda itu. Ingat, masih banyak bagian hidup anda yang lebih penting daripada hanya bekerja dengan mengorbankan hal-hal penting itu.

Aspek kesehatan
1. Untuk anda yang banyak 'kenceng' di kantor, di depan monitor komputer misalnya, usahakan untuk sering melakukan rehat, taruhlah kita sempatkan melakukan streching dan mengalihkan pandangan mata dari monitor komputer. Cobalah 'jalan-jalan' sejenak di sekitar tempat kerja anda setelah anda bekerja di komputer sekitar 2 atau 3 jam. Buang pandangan mata anda ke luar ruangan, lihatlah pohon-pohon di taman, mobil yang lewat atau sekedar memandang sekretaris yang lagi lalu lalang. Akan lebih baik jika monitor komputer anda dilengkapi denga screen pengurang radiasi.

2. Banyaklah minum air putih (seperti selalu diingatkan seseorang kepada saya). Tinggal dalam waktu yang lama dalam ruangan dengan konsentrasi penuh juga menguras cairan tubuh kita, meskipun di dalam ruangan teduh dan dingin sekalipun. Minum air putih dapat mengganti cairan tubuh kita yag hilang itu. Kalau perlu sedaiakan botol minuman di meja anda, agar tidak perlu bolak-balik mengambil air ke pantry.

3. Jangan pergunakan waktu istirahat siang kita untuk bekerja. Sebagian orang masih mengutak atik komputer saat istirahat siang. Bahkan ada yang makan di bawa ke meja kerja di kantor. Luar biasa.. Saat istirahat, usahakan benar-benar terbebas dari pikiran tentang pekerjaan. Kita bisa makan siang di luar bersama rekan kerja dengan sausana santai dan benar-benar istirahat, meskipun tidak sempat tidur siang. Tetapi kalau memungkinkan, itu lebih baik.

Silahkan direnungkan dan coba diikuti. Ingat, waktu kita bukan hanya untuk bekerja.. dan kesehatan kita lebih penting daripada sekedar cap loyal atau tambahan uang dari over time