Optimasi search engine adalah suatu konsep yang oleh banyak orang terlupakan. Dalam tulisan ini saya ingin berbagi. Demi kesuksesan bisnis atau apapun yang kita perkemalkan melalui internet, situs ataupun blog kita perlu memiliki rating yang memadai (dibaca: tinggi) dalam suatu search engine.
Hampir 85% orang yang berselancar di internet menggunakan search engine untuk mencari informasi apapun yang mereka cari, baik itu barang ataupun layanan jasa.
Anda semua pasti sudah tahu beberapa search engine yang populer adalah Yahoo, MSN, dan Google. Prinsipnya adalah bagaimana membuat website/situs kita memiliki rangking yang tinggi untuk ditemukan oleh mereka saat searching di search engine. Untuk urusan bisnis kita yang menjual barang atau produk apapun, semakin mudah website kita ditemukan dari search engine maka semakin besar pula kemungkinan calon customer kita untuk membukanya dan tentunya berpotensi terjadinya transaksi.
Banyak sekali tulisan tentang optimasi search engine ini di internet, dari berbagai sumber. Ada yang menjelaskan cukup detail dengan cara yang agak ‘rumit’ dan ada pula yang menawarkan cara yang lebih sederhana. Dalam hal optimasi rangking website kita di search engine ini, salah satu hal terpenting yg perlu diperhatikan adalah nama website/blog kita di search engine, yg sering disebut title bar.
Title bar adalah bagian paling kiri atas di internet browser kita. Coba perhatikan kata yang tertulis di situ saat Anda mengakses website/home page. Kata atau frase yang yang tertera pada title bar harus mengandung unsur nama khas anda, perusahaan anda atau judul tulisan anda agar mudah dicari dari search engine.
Untuk mengujinya silahkan anda coba untuk mengklik setiap link intern yang terdapat di website/blog anda, kemudian perhatikan kata apa yang muncul di title bar. Setiap kata atau frase yg muncul di title bar setiap jendela yg terbuka sebaiknya berupa kata-kata yang menjadi tema utama halaman website itu. Contohnya, kalau posting anda berjudul ‘Bagaimana mendogkrak rangking search engine kita?’, maka setelah kita klik link ini di halaman utama dan halaman baru sudah terbuka, di title bar akan tertulis judul ini.
Selanjutnya, yang harus menjadi perhatian kita adalah orisinalitas isi tulisan di website/blog kita. Ini akan menunjukkan kualitas penulisnya. Kita tidak dilarang mengutip, menulis ulang atau mengambil tulisan orang lain dan diposting di website kita, syaratnya cantumkan sumbernya.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak unsur kata disana.Usahakan untuk menulis dengan jumlah kata tidak lebih dari 250 kata dalam satu halaman. Kualitas grafis di halaman website kita juga penting untuk meningkatkan rangking search engine website kita.
Terakhir adalah, link yang tersambung ke website kita. Semakin populer link-link yang terhubung ke website kita, semakin besar pula potensi untuk meningkatkan rangking dan trafik website kita.
Disarikan dari: http://www.articleclick.com Hampir 85% orang yang berselancar di internet menggunakan search engine untuk mencari informasi apapun yang mereka cari, baik itu barang ataupun layanan jasa.
Anda semua pasti sudah tahu beberapa search engine yang populer adalah Yahoo, MSN, dan Google. Prinsipnya adalah bagaimana membuat website/situs kita memiliki rangking yang tinggi untuk ditemukan oleh mereka saat searching di search engine. Untuk urusan bisnis kita yang menjual barang atau produk apapun, semakin mudah website kita ditemukan dari search engine maka semakin besar pula kemungkinan calon customer kita untuk membukanya dan tentunya berpotensi terjadinya transaksi.
Banyak sekali tulisan tentang optimasi search engine ini di internet, dari berbagai sumber. Ada yang menjelaskan cukup detail dengan cara yang agak ‘rumit’ dan ada pula yang menawarkan cara yang lebih sederhana. Dalam hal optimasi rangking website kita di search engine ini, salah satu hal terpenting yg perlu diperhatikan adalah nama website/blog kita di search engine, yg sering disebut title bar.
Title bar adalah bagian paling kiri atas di internet browser kita. Coba perhatikan kata yang tertulis di situ saat Anda mengakses website/home page. Kata atau frase yang yang tertera pada title bar harus mengandung unsur nama khas anda, perusahaan anda atau judul tulisan anda agar mudah dicari dari search engine.
Untuk mengujinya silahkan anda coba untuk mengklik setiap link intern yang terdapat di website/blog anda, kemudian perhatikan kata apa yang muncul di title bar. Setiap kata atau frase yg muncul di title bar setiap jendela yg terbuka sebaiknya berupa kata-kata yang menjadi tema utama halaman website itu. Contohnya, kalau posting anda berjudul ‘Bagaimana mendogkrak rangking search engine kita?’, maka setelah kita klik link ini di halaman utama dan halaman baru sudah terbuka, di title bar akan tertulis judul ini.
Selanjutnya, yang harus menjadi perhatian kita adalah orisinalitas isi tulisan di website/blog kita. Ini akan menunjukkan kualitas penulisnya. Kita tidak dilarang mengutip, menulis ulang atau mengambil tulisan orang lain dan diposting di website kita, syaratnya cantumkan sumbernya.
Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu banyak unsur kata disana.Usahakan untuk menulis dengan jumlah kata tidak lebih dari 250 kata dalam satu halaman. Kualitas grafis di halaman website kita juga penting untuk meningkatkan rangking search engine website kita.
Terakhir adalah, link yang tersambung ke website kita. Semakin populer link-link yang terhubung ke website kita, semakin besar pula potensi untuk meningkatkan rangking dan trafik website kita.
Test lagi
ReplyDeletethx buat infonya.nice article..
ReplyDelete